Kelebihan dan Kekurangan Franchise Chatime dan Tips Mulai Bisnis, Modal dan Perkiraan Keuntungan

Pada Kesempatan kali ini Admin Threev akan membahas lengkap terkait pandangan Kelebihan dan kekuarangan franchise Chatime. Ini menjadi keuntungan tersendiri sebagai informasi pertimbangan ketika akan memulai bisnis ini.

Franchise adalah sistem kerjasama antara pihak franchisor (pemilik merek) dengan pihak franchisee (pengusaha lokal) untuk menjalankan usaha tertentu dengan menggunakan nama, produk, teknologi, dan bantuan dari franchisor. Franchise memiliki banyak kelebihan dan kekurangan bagi kedua belah pihak. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk berbisnis dengan franchise, ada baiknya kamu mengetahui lebih banyak tentang franchise Chatime.

Chatime adalah franchise bubble tea asal Taiwan yang sudah berdiri sejak tahun 2005. Brand ini sudah memiliki lebih dari 2.500 gerai di 38 negara, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, Chatime sudah hadir sejak tahun 2011 dan sudah memiliki 275 gerai di berbagai kota. Chatime terus berinovasi untuk menghadirkan minuman yang segar, unik, dan berkualitas.

Bagi kamu yang tertarik untuk berbisnis dengan franchise Chatime atau franchise minuman kekinian lainnya di bawah 5 juta rupiah per bulan (termasuk biaya franchise), ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang kelebihan dan kekurangan franchise Chatime serta tips mulai bisnis dengan franchise ini.

Kelebihan Chatime Franchise

Pad Bisnis Franchise Chatime memiliki banyak kelebihan bagi pihak franchisor maupun pihak franchisee. Berikut adalah beberapa kelebihan dari franchise Chatime:

  • Merek yang sudah terkenal. Franchise Chatime memiliki merek yang sudah terkenal di Indonesia maupun di dunia. Merek ini sudah memiliki loyalitas konsumen yang tinggi karena produknya yang berkualitas dan inovatif.
  • Produk yang bervariasi. Franchise Chatime menyediakan berbagai jenis minuman kekinian dengan rasa tambahan seperti cokelat, vanila, stroberi, durian, dan lain-lain. Kamu bisa memilih jenis minuman sesuai dengan selera konsumen atau menciptakan kombinasi rasa baru.
  • Teknologi yang canggih. Franchise Chatime menggunakan teknologi canggih untuk membuat minumannya lebih segar dan higienis. Misalnya dengan menggunakan mesin pengemas otomatis atau mesin penyaring air bersih.
  • Bantuan dari franchisor. Franchisor Chatime memberikan bantuan kepada pihak franchisee dalam hal perizinan usaha, pembelian peralatan bahan baku pemasaran produk promosi lainnya seperti training pelatihan operasional manajemen administrasi lainnya seperti dukungan teknis layanan pelanggan lainnya seperti pengembangan produk inovasi lainnya.
  • Modal awal rendah. Modal awal untuk membuka franchise minuman kekinian dibawah 5 juta rupiah per bulan (termasuk biaya franchise) tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan modal usaha lainnya seperti restoran kafe salon kosmetik atau toko online.

Kekurangan Chatime Bisnis Franchise

Selain Keuntungan Franchise Chatime, Dalam Bisnis  tentu saja ada kekurangannya yang menjadi evaluasi dan acuan untuk diperbaiki. Yap, Franchise Chatime juga memiliki beberapa kekurangan bagi pihak franchisor maupun pihak franchisee. Berikut adalah beberapa kekurangan dari franchise Chatime:

  • Ketergantungan pada franchisor. Pihak franchisee harus tunduk pada aturan-aturan yang ditetapkan oleh franchisor dalam hal nama logo produk harga jual lokasi gerai waktu operasional promosi produk inovasi lainnya.
  • Keterbatasan ruang gerai. Pihak franchisee harus memenuhi standar ukuran gerai yang ditentukan oleh franchisor dalam hal luas area fasilitas peralatan barang dagangan tenaga kerja.
  • Tenaga kerja yang terbatas. Pihak franchisee harus mengikuti standar kualitas dan kuantitas tenaga kerja yang ditentukan oleh franchisor dalam hal jumlah, keterampilan, dan gaji karyawan. Hal ini bisa menyulitkan pihak franchisee untuk merekrut, melatih, dan mempertahankan karyawan yang sesuai dengan kebutuhan usaha.
  • Persaingan yang ketat. Franchise Chatime harus bersaing dengan franchise minuman kekinian lainnya yang juga menawarkan produk yang serupa atau bahkan lebih murah, unik, dan berkualitas. Selain itu, franchise Chatime juga harus bersaing dengan usaha minuman lokal yang memiliki keunggulan dalam hal harga, rasa, dan loyalitas konsumen.
  • Resiko kerugian. Franchise Chatime tidak menjamin keberhasilan usaha bagi pihak franchisee. Pihak franchisee tetap harus bertanggung jawab atas segala resiko kerugian yang mungkin terjadi akibat faktor internal maupun eksternal, seperti penurunan omset, kenaikan biaya, perubahan permintaan, bencana alam, atau peraturan pemerintah.

Usaha Franchise Teh Poci, Modal , Cara daftar dan perkiraan keuntungan

Tips Membuka Franchise Chatime

Profit Membuka Franchise Chatime

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan dari franchise Chatime, kamu mungkin sudah tertarik untuk membuka bisnis ini. Namun, sebelum itu, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk memastikan bisnis kamu berjalan lancar dan sukses. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu coba:

1. Lakukan riset pasar.

Sebelum membuka franchise Chatime, kamu harus melakukan riset pasar untuk mengetahui potensi dan tantangan yang ada di lokasi yang kamu pilih. Kamu bisa melakukan survei, observasi, atau wawancara dengan konsumen, kompetitor, atau pihak terkait untuk mendapatkan data dan informasi yang akurat dan relevan.

2. Buat rencana bisnis.

Setelah melakukan riset pasar, kamu harus membuat rencana bisnis yang mencakup visi, misi, tujuan, strategi, analisis SWOT, proyeksi keuangan, dan evaluasi bisnis. Rencana bisnis akan membantu kamu dalam mengatur dan mengawasi jalannya bisnis, serta mengatasi masalah yang mungkin muncul.

3. Pilih jenis dan ukuran gerai yang sesuai.

Sesuai dengan modal dan target pasar yang kamu miliki, kamu harus memilih jenis dan ukuran gerai yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kamu. Kamu bisa memilih antara kiosk, counter, atau cafe, dengan ukuran yang bervariasi dari 9 m2 hingga 54 m2.

4. Daftarkan franchise Chatime.

Untuk mendaftarkan franchise Chatime, kamu harus mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh franchisor, yaitu mengisi formulir online, mengirimkan dokumen-dokumen yang diminta, menunggu proses seleksi dan verifikasi, mengikuti presentasi dan wawancara, menandatangani perjanjian kerjasama, dan membayar biaya franchise.

5 . Siapkan gerai dan produk.

Setelah mendaftarkan franchise Chatime, kamu harus mempersiapkan gerai dan produk yang akan kamu jual. Kamu harus memenuhi standar kualitas dan kuantitas yang ditetapkan oleh franchisor dalam hal lokasi, desain, fasilitas, peralatan, bahan baku, dan produk. Kamu juga harus mengikuti pelatihan yang disediakan oleh franchisor untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan kamu tentang produk dan operasional Chatime.

6. Promosikan dan jalankan bisnis.

Setelah gerai dan produk siap, kamu bisa mulai mempromosikan dan menjalankan bisnis kamu. Kamu bisa menggunakan berbagai media dan strategi promosi yang efektif, seperti media sosial, website, blog, brosur, spanduk, diskon, voucher, atau program loyalitas. Kamu juga harus memberikan pelayanan yang prima, menjaga kualitas produk dan kebersihan gerai, serta mengelola keuangan dan administrasi dengan baik.

Peluang Bisnis Franchise Rocket Chicken

Kesimpulan

Franchise Chatime adalah salah satu peluang bisnis yang menarik dan menjanjikan di bidang minuman kekinian. Dengan franchise Chatime, kamu bisa membuka gerai bubble tea yang populer dan diminati oleh banyak orang dengan modal awal yang rendah. Namun, sebelum membuka franchise Chatime, kamu harus mengetahui kelebihan dan kekurangan dari franchise ini, serta mengikuti beberapa tips untuk memastikan bisnis kamu berjalan lancar dan sukses. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mengambil keputusan. Selamat mencoba! 😊

This entry was posted in Bisnis and tagged . Bookmark the permalink.